Wednesday, December 16, 2015

Peringkat Universitas Gunadarma menurut Webometrics

Webometric adalah salah satu perangkat untuk mengukur kemajuan perguruan tinggi melalui Websitenya. Sebagai alat ukur (Webomatric) sudah mendapat pengakuan dunia termasuk di Indonesia (sekalipun masih ada yang meragukan tingkat validitasnya). Peringkat Webometric pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 oleh Laboratorium Cybermetric milik The Consejo Superior de Investigaciones Cientificas (CSIC). CSIC merupakan lembaga penelitian terbesar di Spanyol.Secara periodik peringkat Webometric akan diterbitkan setiap 6 bulan sekali pada bulan Januari dan Juli. Peringkat ini mengukur lebih dari 16.000 lembaga pendidikan tinggi di seluruh dunia yang terdaftar dalam direktori. Peringkat perguruan tinggi versi Webometric dapat dengan mudah dilihat atau diakses melalui Internet dengan alamat :http://www.webometrics.info/.
Webometric bukanlah tujuan akhir, namun webometric yang merupakaan pemetaan dari kekuatan perguruan tinggi di bidang Social Networking baik interneal sekaligus ekternal. Apapun tujuan webomteric sangatlah kita hargai untuk memacu perguruan tinggi memacu partisipasinya ke masyarakat luas, salah satunya dari publikasi penelitian.

Pelopor perangkingan universitas ala Webometrics ini adalah Cybermetrics Lab, sebuah group penelitian dari Centro de Información Documentación (CINDOC) yang merupakan bagian dari National Research Council (CSIC), Spanyol. Mulai melakukan perangkingan universitas pada tahun 2004, dan mempublikasikan rangking universitas setiap enam bulan sekali (bulan Januari dan Juli). Indikator penilaian rangking berbasis Web ini cukup unik, meskipun sebenarnya tetap memiliki hubungan erat dengan ilmu scientometric dan bibliometric.
Pengukuran Webometric memang hanya menekankan pada publikasi secara elektronik melalui Website, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Adapun kriteria yang digunakan untuk mengukur peringkat Webometric adalah Size, Visibility, Rich file, dan Scholar. Penjabarannya adalah sebagai berikut :

Size (S) atau Ukuran Website, yaitu jumlah halaman yang terindek oleh empat mesin pencarian utama yaitu : Google, Yahoo, Live Search dan Exalead.
Visibility (V) atau Ketertampakan Website, yaitu: jumlah keseluruhan tautan ekternal yang unik dan terdeteksi oleh Google search, Yahoo Search, Live Search and Exalead.
Rich Files (R) atau Banyaknya Dokumen, yaitu: banyaknya file yang terdeteksi, khususnya file yang memiliki tingkat relevansi terhadap aktivitas akademik dan publikasi ilmiah, dalam bentuk: Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps), Microsoft Word (.doc) dan Microsoft Powerpoint (.ppt).
Scholar (Sc) atau Kepakaran, yaitu: paper atau karya ilmiah dan kutipan-kutipan yang ditemukan dalam Google Scholar.
Metode perhitungan nilai webometric adalah menggunakan rumus:
University Score= (4xV) + (2xS) + (1xR) + (1xSc)

PTS Terbaik Nasional versi Peringkat Webometrics Edisi Juli 2014
Universitas Gunadarma kembali mempertahankan posisinya sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia berdasarkan peringkat Webometrics untuk Edisi kedua, bulan Juli, tahun 2014. Jumlah Perguruan Tinggi di Indonesia yang masuk pemeringkatan yang berbasis di Spanyol tersebut sebanyak 401 kampus, atau menurun 9 kampus jika dibandingkan edisi sebelumnya (edisi Januari 2014). Jumlah PT di Indonesia yang masuk 100 besar ASEAN sebanyak hanya 34 kampus yaitu 23 kampus negeri dan 11 kampus swasta. UGM menjadi satu-satu kampus dari Indonesia yang masuk sepuluh besar untuk wilayah ASEAN. PTS di Indonesia yang berhasil masuk 50 besar ASEAN hanya Universitas Gunadarma, dengan posisi persisnya ke-39. UG kembali menjadi PTS terbaik di Indonesia dan PTS satu-satuny yang masuk sepuluh besar nasional bersama dengan 9 kampus negeri lainnya. Peringkat sepuluh besar nasional versi peringkat Webometris edisi Juli 2014 adalah sebagai berikut:
1. UGM
2. UI
3. ITB
4. IPB
5. UNDIP
6. UNIBRAW
7. UNPAD
8. UNS
9. UNAIR
10. UNIVERSITAS GUNADARMA

Webometrics menerapkan persyaratan baru pada edisi Juli 2014 ini yaitu website resmi yang dikelola setiap kampus harus beroperasi selama 24 jam. Indikator pemeringkatan pada edisi ini masih sama seperti edisi sebelumnya yaitu Impact, Presence, Opennes, dan Excellence dengan beberapa perubahan minor. Impact merupakan indikator penilaian visibilitas dari sebuah website dengan bobot terhadap total penilaian sebesar 50%. Tiga indikator lainnya – yaitu Presence, Opennes, dan Excellence – merupakan indikator yang mengukur aktivitas dari sebuah website kampus. Total bobot penilaian untuk ketiga indikator tersebut yaitu 50% dengan setiap bobot masing-masingnya sebesar 1/3.


No comments:

Post a Comment